3D2N ( Madakaripura-Bromo-Ijen)

Bagi wisatawan yang berada di jawa dan ingin ke bali dan mempunyai waktu 3 hari sangat cocok untuk mengunjungi destinasi favorit di pulau jawa yang terkenal dengan bromo sun rise dan kawah ijen yang terkenal dengan blue firenya. ini bisa dilakukan dengan mudah karena perjalanannya satu arah ke Bali. jika perjalanan dimulai melalui surabaya terlebih dahulu, wisatawan akan menempuh jarak kurang lebih 250 km untuk menuju bromo. perjalanan bisa ditempuh dengan kereta api atau dengan bus. Namun jika wisatawan ingin menggunakan jasa travel agent, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun Madakaripura air terjun tertinggi di pulau Jawa. dengan melakukan perjalanan sebelum menuju ke bromo membuat petualangan sangat serud dan penuh petualangan.

Sesampainya di Penginapan Bromo wisatawan bisa bersantai dulu dengan berjalan-jalan keliling desa menikmati suasana pedesaan Bromo dan hunting sunset di lokasi yang ramai (titik melihat sunset). selanjutnya wisatawan bisa rehat sejenak untuk minum kopi atau teh di tengah nuansa bromo Pegunungan. Ada hal unik yang perlu diketahui wisatawan yaitu di bromo terdapat suku asli yaitu suku bromo tengger. dimana mereka memiliki ciri khas berpakaian udeng dan selalu berkuda. jika kita beruntung setiap akhir pekan sore hari di lapangan pasir bromo wisatawan bisa menyaksikan event pacuan kuda yang hanya ada di bromo.

Pukul 02.00 pagi wisatawan mulai mempersiapkan diri untuk pendakian Bromo dengan jeep 4 wd. Untuk mencapai puncak, namun tidak sedikit pula wisatawan yang mendaki Bromo melalui Seruni Point dengan berjalan kaki. Sesampainya di puncak Bromo wisatawan dapat melihat keindahan berbagai gunung berapi seperti Gunung Bromo dan Gunung Semeru dan jika beruntung wisatawan juga dapat menyaksikan Bima Sakti yang terhampar indah di langit Bromo.

Pukul 05.00 sunrise tiba, wisatawan bisa menyaksikan keindahan matahari terbit di puncak bromo. setelah dirasa cukup wisatawan bisa turun ke sabana atau gurun bromo. kemudian wisatawan akan mendaki ke puncak bromo dengan berjalan kaki sejauh 1 mil. disini kita bisa melihat suku tengger menawarkan jasa kuda kepada wisatawan yang dianggap tidak mampu mendaki ke puncak bromo.

Sesampainya di puncak Bromo wisatawan akan merasakan pemandangan seperti sedang berada di bulan. setelah semua dirasa cukup, wisatawan dapat kembali ke hotel untuk membersihkan diri dan sarapan pagi sebelum melanjutkan perjalanan ke banyuwangi. perjalanan ditempuh kurang lebih 150 km dari Bromo. Sesampainya di Banyuwangi wisatawan akan menyaksikan perbedaan budaya karena di Banyuwangi terdapat komunitas otentik bernama Osing yang memiliki sejuta keunikan budaya.

Mereka suka menari dan rata-rata bekerja sebagai petani tradisional. Petualangan baru akan dimulai tepat pukul 00.00 WIB wisatawan akan menuju ke Gunung Ijen untuk melakukan pendakian. wisatawan akan mendaki sejauh 3 km dan akan bertemu dengan penjelajah belerang. salah satu tantangan bagi wisatawan tidak hanya mendaki Ijen sejauh 3 km saja melainkan tantangan menuju kawasan blue fire karena wisatawan akan turun ke dasar kawah sebagai sejauh 800 meter dengan trak jalan yang licin dan sempit. Ada yang membuat simpatik hati kita adalah kita bisa menyaksikan aktivitas penambang belerang yang membawa belerang seberat 70-90 kg dengan keranjang bambu naik ke puncak ditengah wisatawan yang menyaksikan api biru.

pada pukul 04.00 wisatawan harus naik ke puncak Ijen untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dan kawah biru yang indah. setelah dirasa cukup wisatawan akan kembali turun ke penginapan dan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Bali.

Berdasarkan pengalaman wisatawan. mereka akan mendapatkan pengalaman berharga yang tidak akan ditemukan di negara lain. Timbul pertanyaan bagaimana wisatawan mendapatkan fasilitas wisata selama 3 hari 2 malam dengan pelayanan yang baik? tripvanjava.id menjawab bahwa kami menyediakan fasilitas sebagai berikut:

SURABAYA – MADAKARIPURA WATERFALL -BROMO – IJEN – BALI (Gilimanuk harbour)

3 HARI 2 MALAM

HARI 1

  1. Kru kami akan menjemput para tamu di bandara, stasiun kereta api, stasiun bus atau titik pertemuan setiap hotel di Surabaya.
  2. Para tamu bertemu dengan kru tripvanjava.id kemudian melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Madakaripura dari Surabaya. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 3 jam dengan menggunakan mobil. Di perjalanan, para tamu bisa menikmati pemandangan pedesaan masyarakat Jawa Timur.
  3. Sesampainya di Air Terjun Madakaripura, para tamu berganti pakaian sendiri sebelum berangkat ke air terjun dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 3 km ditemani pemandu dan para tamu akan merasakan sensasi mengendarai motor Indonesia.
  4. Sesampainya di gerbang Madakaripura, para tamu akan berjalan kaki sekitar 1 km dengan pemandu wisata lokal dan menyiapkan jas hujan yang telah kami sediakan. Sepanjang perjalanan, para tamu akan merasakan hutan hujan tropis provinsi Jawa Timur. Jika mereka beruntung, mereka mungkin menemukan monyet Lutung Jawa dengan kesadaran diri mereka sendiri tingkah laku.
  5. Sesampainya di Air Terjun, mereka menggunakan jas hujan yang tersedia untuk menahan guyuran air. Namun, jika para tamu ingin berenang di kawasan air terjun diperbolehkan dengan catatan selalu mengikuti petunjuk yang ada karena tergantung dari debit air air terjun sebelum mereka ingin berenang. Di lokasi, para tamu disuguhkan dengan pemandangan indah Air Terjun Madakaripura yang masuk kategori air terjun tertinggi di Pulau Jawa.
  6. Selesai perjalanan, mereka kembali ke parkiran untuk berganti pakaian dan mempersiapkan barang bawaan untuk melanjutkan perjalanan menuju hotel / homestay di lereng Gunung Bromo.
  7. Setelah kita sampai di hotel / homestay, para tamu dapat beristirahat sejenak untuk mempersiapkan diri trekking ke puncak Gunung Bromo untuk menyaksikan matahari terbit.

Hari 2

  1. Pukul 02.30 para tamu mulai bersiap untuk melihat matahari terbit di puncak Gunung Bromo.
  2. Pukul 03:00 WIB, tamu melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Bromo menggunakan mobil 4WD. Perjalanan memakan waktu satu jam dari hotel / homestay.
  3. Pukul 04.00 WIB, setelah kita sampai di Gunung Bromo, para tamu bersiap dan menunggu untuk melihat sunrise. Jika mereka butuh rehat kopi, mereka bisa membeli kopi atau makanan ringan di area puncak. Namun, jika para tamu menyukai foto, mereka dapat memotret Bima Sakti dari puncak. Hal yang perlu diketahui para tamu sebelum menyaksikan matahari terbit adalah cuaca dan kondisi yang terjadi di Gunung Bromo.
  4. Para tamu mulai menyaksikan matahari terbit sekitar pukul 05:00.
  5. Pukul 06.00, para tamu kembali ke mobil 4WD untuk melanjutkan perjalanan menuju bukit sabana dan puncak Gunung Bromo.
  6. Saat kita sampai di bukit sabana Gunung Bromo, para tamu mendaki ke Gunung Bromo dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km dan melewati 227 anak tangga. Namun, jika para tamu tidak dapat melakukan pendakian, mereka dapat menggunakan kuda untuk mencapai gerbang gunung bromo, sesampai di puncak gunung bromo, mereka berfoto dengan pemandangan savana gunung bromo dan kawah gunung. Dengan guide tripvanjava.id, para tamu akan melihat foto yang unik dan indah.
  7. Pukul 08.30, para tamu kembali ke sabana sebelum kembali ke hotel / homestay menggunakan mobil 4WD.
  8. Pukul 09.30 tamu kembali ke hotel / homestay untuk mandi, sarapan pagi, menyiapkan barang bawaan, check out, dan selanjutnya menuju Banyuwangi.
  9. Pukul 12:00 siang, mereka akan menuju Banyuwangi yang mencapai 6 jam perjalanan. Dalam perjalanan menuju Banyuwangi, para tamu dapat melihat pemandangan dan udara segar dari kedai kopi Bondowoso.
  10. Sesampainya di hotel / homestay disarankan untuk istirahat sejenak, menyiapkan barang bawaan untuk menuju Gunung Ijen pada malam hari.e the scenery and fresh air from the Bondowoso coffee plan.

Hari 3

  1. Pukul 00.00 tengah malam, para tamu bersiap untuk melakukan pendakian Gunung Ijen. Pengarahan oleh guide tripvanjava.id, para tamu diberikan bekal air mineral, masker gask, dan hedlamp sebelum memulai pendakian Gunung Ijen yang akan menempuh jarak sejauh 3 km.
  2. Sesampainya di Paltuding, para tamu memulai pendakian dengan guide dan perbekalan yang disediakan oleh guide tripvanjava.id. Perjalanan akan ditempuh sejauh 3 km dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Para tamu akan menemukan pos bunder yang merupakan pos terakhir sebelum mencapai puncak gunung ijen, dimana para tamu dapat menikmati kopi ijen dan istirahat. Di posko tersebut, para tamu dapat menggunakan toilet yang tersedia.
  3. Pada pukul 03.00 WIB tamu akan menyaksikan keindahan blue fire yang hanya ada dua di dunia dan Ijen yang terbesar diantara lainnya, namun yang perlu diperhatikan oleh tamu adalah blue fire merupakan fenomena alam jadi semuanya tergantung Di alam, jika beruntung dan Ijen tidak tertutup asap tebal, para tamu bisa menyaksikan keindahan blue fire. Beberapa hal Yang perlu para tamu ketahui dalam menuju area observasi blue fire, para tamu akan menyusuri jalan terjal dan licin sejauh 800 meter dari bibir kawah.
  4. Para tamu harus mengikuti instruksi dari guide kami, sesampainya di area blue fire, para tamu dapat mengambil foto dan menyaksikan keindahan blue fire. Saat asap belerang mulai tercium, tamu diharuskan memakai masker gas dan tidak boleh panik, guide kami akan memberikan petunjuk untuk menghindari asap belerang yang menyengat dan menyengat di mata. Para tamu juga bisa menyaksikan sebuah fenomena yang tidak akan pernah bisa dilupakan, yaitu melihat pekerjaan terberat di dunia yang dilakukan oleh para penambang belerang. Mereka (penambang belerang) mampu mengangkat dan membawa 70-90 kg belerang ke puncak.
  5. Pukul 04.00 WIB para tamu kembali naik ke puncak sunrise point untuk menyaksikan matahari terbit di puncak Gunung Ijen. Selain itu, para tamu dapat menyaksikan kawah biru terbesar dan paling asam di dunia. Kawah ini memiliki luas 5 hektar dan kedalaman 200 meter.
  6. Pukul 06.00 WIB, tamu kembali ke paltuding kemudian ke hotel / homestay untuk sarapan dan membersihkan diri.
  7. Pukul 10.00 WIB, para tamu akan diantar guide tripvanjava.id menuju pelabuhan Ketapang dan menyeberangi Selat Bali dengan kapal ferry.
  8. Sesampainya di pelabuhan Gilimanuk tamu akan diarahkan menggunakan bus atau menyewa mobil untuk menuju tempat tujuan.
  9. Perjalanan selesai.

Catatan :

  • Selama perjalanan tamu bisa memberikan nasehat kepada supir agar setiap 2 jam istirahat.
  • Dalam pemilihan restoran, para tamu akan ditampilkan tempat makan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan para tamu.
  • Jika tamu ingin tripvanjava.id akan menyediakan kendaraan pribadi untuk diantar ke tempat asalnya di Bali dengan biaya tambahan.

Harga Dan Fasilitas :

Harga :

Homestay :

  • 2 Orang: IDR 3.200.000 ($ 229) untuk Per Orang
  • 4 Orang: IDR 2.200.000 ($ 158) untuk per Orang
  • Lebih dari 4 Pax, hubungi admin

Hotel :

  • 2 Orang : IDR 3.400.000 ( $ 243 ) for Per Orang
  • 4 Orang : IDR 2.400.000 ( $ 172 ) for Per Orang
  • More than 4 pax, contact admin

Facilities :

  • Asuransi perjalanan
  • Air mineral selama tur
  • Semua tiket tujuan
  • Mobil pribadi (termasuk bahan bakar)
  • Panduan Bahasa Inggris
  • Pengemudi Jip Bromo Masker gas dan headlamp selama tur
  • Ijen Snack / buah
  • Jas hujan
  • Ojek Madakaripura
  • Tiket feri
  • Akomodasi (homestay / hotel) jika ingin upgrade hotel silahkan hubungi admin
  • Foto dokumentasi
  • Panduan madakaripura
  • Panduan gunung ijen

Note: jika anda ingin request lagi dapat menghubungi admin, misal anda ingin mengecualikan hotel atau ingin kembali ke Malang atau Surabaya kami dapat memberikan fasilitas tersebut, dan kami dapat memberikan harga yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *